Yap Scooteris, kita bertemu lagi di artikel ini, artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu Melepas Silinder Vespa.
Kopling di vespa berframe kecil sebenernya bisa diganti pake mesin yang
ada di insitu, sebagaimana dia punya kovver akses sendiri. Anda harus
ngeringin dulu oli motor atau rebahi dia disampingnya (dengan flywheel
dan kickstart menghadap kebawah).
Buat ngutakatik kover koplingnya anda harus ngelepas ban belakang dan
kabel kopling. Lepas juga hub/rem belakang dengan melepas pin penjepit
dan sekrup tengahnya. Di ban campurannya ada cincin tebal dibawah sekrup
yang harus dijaga aman. Sekarang anda harus lepas tiga sekrup yang
nahan pelat belakang hub belakang. Rem belakangnya ga usah dicopot, tapi
kalo anda mau copot, copot sekarang dan bersihin pelat belakangnya
Pelat
belakang hub terdiri atas tutup oli belakang, yang mana harus diganti
dengan yang baru. Kayak yang ada digambar, pegas harus menghadap mesin.
Ada gasket diantara pelat belakang dan mesin yang harus diganti pas
masang ulang nanti.
Setelah hub belakang dilepas anda bisa ngelepas enam sekrup yang nahan kover kopling.
Sebaiknya anda bersihin mesin dulu sebelumnya. Ada gasket lain di kover yang harus diganti.
Buat
ngelepas kopling anda harus lepas pelat yang terdesak. Ini terletak
bareng dengan kawat ikal berpegas. Kalo anda masukin obeng datar kecil
ke yang lebih gede dari dua lobang itu, anda bisa geser kawat keluar.
Setelah dilepas anda bakal liat sekrup dibawah cinci tab. Bengkokin tab ke cincin pake obeng dan lepas sekrupnya.
Lantaran kopling mau muter anda mungkin harus sumbat dia. Ada
perangkat yang pas tapi cara paling gampang adalah sumbat pake koin
diantara gigi roda di gasket kopling dan di ekmudi primer. Koin penny
amerika adalah koin tepat karena terbuat dari baja lunak. Koin penny
inggris terbuat dari tembaga jadi koinnya terlalu keras buat anda
sertakan di langkah ini, walaupun koin2 kunonya mungkin terbuat dari
tembaga murni. Anda harus ulang terus kalo mau lepas kemudi primer dan
engkolnya, inilah yang terjadi di koin2nya.
Dengan sekrup terlepas, koplingnya bebas, tapi nyangkut ke poros
kardannya kalo dia dipasangnya pas. Pakelah perangkat pelepas koplling
yang bener. Dia bakal dorong kebawah bagian dalem keranjang kopling dan
ada sekrup tengah yang anda kencengin, pukul pake palu buat ngelonggarin
kopling dan ngelepas dia dari sisi terluar keranjang kopling. Kopling
terletak di poros kardan dengan kunci woodruff (baja lunak kecil
berbentuk setengah lingkaran). Pastiin anda juga lepas dia pas anda
lepas kopling, jangan sampe ilang. Ini gak berarti anda punya beban
lagi-kopling bakal kedorong ke engkol yang udah diasah, tapi m ini
berarti dia terletak di posisi yang pas. Ketika kopling dilepas anda
bisa liat ini :
Kalo
anda tidak punya kompresor pegas kopling vespa anda bisa pake skrup
panjang, sekrup biasa dan dua cincin penahan gede. Seenggaknya satu
dari mereka harus lebih gede dari sumbat pelatnya yang anda lepas, tapi
cukup kecil buat dipasang di cincin alumunium kecil (ini terbuat dari
baja super lunak jadi ga bakal perlu tekanan lebih). Pasang sekrup lewat
tengah kopling dan pasang lagi cincin gede, kencengin supaya dia neken
pegasnya, dan anda bisa ngelepas penjepit pake tang atau alat lain.
Periksa semua pelat kopling dan ganti sandaran gabus kalo mereka
berkarat. Murah kok. Yang baru harus direndem di oli gearbox 24 jam
(atau selama mungkin).
Anda juga harus ganti pegas kopling kalo anda ganti pelatnya (murah).
Kalo anda ga ganti pelat metalnya juga, gosok pake amplas buat
bersihin. Pas ngerakit ulang kopling pastiin semua lankah bener, bagian
atas pelat harus diarahin jadi siku putarnya keliatan kayak gambar
dibawah. Akhirnya, pas anda ngerakit ulang kopling anda harus pastiin
ujung2 penahan terletak di satu bagian dalam keranjang parit dan nggak
terletak di bagian dalam jaraknya atau kaleng koplingmu, dan bakal
terpisah kalo anda gak memperkirakannya.
Sumber:
http://www.infovespa.com/melepas-kopling-vespa/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar