Rabu, 16 Juli 2014

MELEPAS KOPLING VESPA

Yap Scooteris, kita bertemu lagi di artikel ini, artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu Melepas Silinder Vespa. Kopling di vespa berframe kecil sebenernya bisa diganti pake mesin yang ada di insitu, sebagaimana dia punya kovver akses sendiri. Anda harus ngeringin dulu oli motor atau rebahi dia disampingnya (dengan flywheel dan kickstart menghadap kebawah).
Buat ngutakatik kover koplingnya anda harus ngelepas ban belakang dan kabel kopling. Lepas juga hub/rem belakang dengan melepas pin penjepit dan sekrup tengahnya. Di ban campurannya ada cincin tebal dibawah sekrup yang harus dijaga aman. Sekarang anda harus lepas tiga sekrup yang nahan pelat belakang hub belakang. Rem belakangnya ga usah dicopot, tapi kalo anda mau copot, copot sekarang dan bersihin pelat belakangnya
melepas kopling vespa, cara melepas kopling vespa, tutorial melepas kopling vespa, kopling vespa
Pelat belakang hub terdiri atas tutup oli belakang, yang mana harus diganti dengan yang baru. Kayak yang ada digambar, pegas harus menghadap mesin. Ada gasket diantara pelat belakang dan mesin yang harus diganti pas masang ulang nanti.
melepas kopling vespa, cara melepas kopling vespa, tutorial melepas kopling vespa, kopling vespa
Setelah hub belakang dilepas anda bisa ngelepas enam sekrup yang nahan kover kopling.
melepas kopling vespa, cara melepas kopling vespa, tutorial melepas kopling vespa, kopling vespa
Sebaiknya anda bersihin mesin dulu sebelumnya. Ada gasket lain di kover yang harus diganti.
melepas kopling vespa, cara melepas kopling vespa, tutorial melepas kopling vespa, kopling vespa
Buat ngelepas kopling anda harus lepas pelat yang terdesak. Ini terletak bareng dengan kawat ikal berpegas. Kalo anda masukin obeng datar kecil ke yang lebih gede dari dua lobang itu, anda bisa geser kawat keluar.
Setelah dilepas anda bakal liat sekrup dibawah cinci tab. Bengkokin tab ke cincin pake obeng dan lepas sekrupnya.
Lantaran kopling mau muter anda mungkin harus sumbat dia. Ada perangkat yang pas tapi cara paling gampang adalah sumbat pake koin diantara gigi roda di gasket kopling dan di ekmudi primer. Koin penny amerika adalah koin tepat karena terbuat dari baja lunak. Koin penny inggris terbuat dari tembaga jadi koinnya terlalu keras buat anda sertakan di langkah ini, walaupun koin2 kunonya mungkin terbuat dari tembaga murni. Anda harus ulang terus kalo mau lepas kemudi primer dan engkolnya, inilah yang terjadi di koin2nya.
Dengan sekrup terlepas, koplingnya bebas, tapi nyangkut ke poros kardannya kalo dia dipasangnya pas. Pakelah perangkat pelepas koplling yang bener. Dia bakal dorong kebawah bagian dalem keranjang kopling dan ada sekrup tengah yang anda kencengin, pukul pake palu buat ngelonggarin kopling dan ngelepas dia dari sisi terluar keranjang kopling. Kopling terletak di poros kardan dengan kunci woodruff (baja lunak kecil berbentuk setengah lingkaran). Pastiin anda juga lepas dia pas anda lepas kopling, jangan sampe ilang. Ini gak berarti anda punya beban lagi-kopling bakal kedorong ke engkol yang udah diasah, tapi m ini berarti dia terletak di posisi yang pas. Ketika kopling dilepas anda bisa liat ini :
melepas kopling vespa, cara melepas kopling vespa, tutorial melepas kopling vespa, kopling vespa
Kalo anda tidak punya kompresor pegas kopling vespa anda bisa pake skrup panjang, sekrup biasa dan dua cincin penahan gede.  Seenggaknya satu dari mereka harus lebih gede dari sumbat pelatnya yang anda lepas, tapi cukup kecil buat dipasang di cincin alumunium kecil (ini terbuat dari baja super lunak jadi ga bakal perlu tekanan lebih). Pasang sekrup lewat tengah kopling dan pasang lagi cincin gede, kencengin supaya dia neken pegasnya, dan anda bisa ngelepas penjepit pake tang atau alat lain.
Periksa semua pelat kopling dan ganti sandaran gabus kalo mereka berkarat. Murah kok. Yang baru harus direndem di oli gearbox 24 jam (atau selama mungkin).
Anda juga harus ganti pegas kopling kalo anda ganti pelatnya (murah). Kalo anda ga ganti pelat metalnya juga, gosok pake amplas buat bersihin. Pas ngerakit ulang kopling pastiin semua lankah bener, bagian atas pelat harus diarahin jadi siku putarnya keliatan kayak gambar dibawah. Akhirnya, pas anda ngerakit ulang kopling anda harus pastiin ujung2 penahan terletak di satu bagian dalam keranjang parit dan nggak terletak di bagian dalam jaraknya atau kaleng koplingmu, dan bakal terpisah kalo anda gak memperkirakannya.

Sumber:
http://www.infovespa.com/melepas-kopling-vespa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar