Pernah naik motor ke gunung ataupun lagi
touring,
trus gigi kamu slip di tanjakan? Ini sering terjadi lantaran ada yang
tidak beres sama komponen motor yang namanya Cruciform (spider).
Cruciform itu bagian kecil dari motor yang bentuknya silang, terbuat
dari logam campuran. Tugasnya nyocokin potongan yang tepat di tiap-tiap
perpindahan gigi itu sendiri. Ini bagian yang gampang aus. Setelah nggak
ada lagi penghalang diantara tiap-tiap gigi, bagian inilah yang kena
batunya di hamper tiap gesekan gigi. Apalagi kalo gesekannya tidak pas.
Untungnya, bagian ini gak bakalan menggores gigi baja itu sendiri kalo
misalnya selip.
Sayangnya, cruciform ada di bagian dalam mesin. Kalo mau diambil, kita harus membongkar mesinnya, dan disini
Infovespa
akan memberikan tutorialnya step by step. Sebelum kamu coba, periksa
kotak selector gigi kamu, jangan sampai dia berpotensi buat
‘side play’. Kadang-kadang
‘side play’ ini bisa bikin gigi motor kamu tiba-tiba ‘
lompat’.
Ambil komponen-komponen kotak selector gigi dan coba bikin motor kamu
‘jump’. Kalo nggak bisa, berarti emang ada masalah. Kalo nggak, ganti
cruciformnya dan coba periksa
‘shim’ gigi.
Peralatan :
- Cruciform
- Perangkat pelepas penjepit
- Krayon merah
- 2 buah alat pengukur dan peraba
- Kunci tester listrik (yang biasa dipakai buat di stopkontak)
- Lap
- Sekaleng pembersih karburator
- Sekaleng pelumas anti-seize
- Stopkontak dalam 13mm dan 11mm
- Kunci inggris putar (jangan coba tanpa alat ini)
- Pengikis plastic Bondo (body filler)
- Plastic gosok
- Bearing grease (sejenis lem ban) merek Green Goop
Inilah Langkahnya step by step
|
Periksa dulu ‘play’ gigi kamu. Gigi harus
lumayan terpasang kencang kalo pas didorong. Lalu Lepas penahan
disekeliling poros belakang menggunakan perangkat pelepas penjepit. |
|
Lepas pencuci ‘shim’ dan gigi-gigi motor.
Tandai gigi menggunakan krayon supaya kita tahu mana yang menghadap
keatas pas nanti dipasang lagi. |
|
Sekarang lepas tongkat selector, pembasuh
selector dan cruciformnya. Tangkai ini menggunakan gulungan sebelah
kiri, artinya semua yang ada disini adalah bagian paling belakang. Buat
ngelonggarin putar searah jarum jam, buat ngencengin putar sebaliknya. |
|
Pada bagian ini kami mengeluarkan poros
belakangnya dari mesin agar anda bisa meliat dengan jelas bagian ini.
Step ini bisa anda lewati |
|
Ini dia tongkat selector. Ini sebenernya
adalah gumpalan logam yang ada pembasuh di bagian belakangnya. Bagian
‘thread’nya yang nanti tersambung ke cruciform |
|
Putar cruciform pake tangan kamu sampe dia
nyambung sama slot poros belakangnya. Sekarang kamu bisa dorong
cruciformnya keluar lewat samping slotnya. Pasang cruciform baru ke
dalam slot tadi. Sesuaikan cruciform sama bengkokan ‘kaki motor’nya,
yang menghadap ke ban belakang |
|
Gambar ini menunjukkan cacat akibat
cruciform yang rusak kena gesekan gigi. Selalu pake cruciform Piaggio
jika anda ingin menggantinya. |
Pencuci ‘shim’ lumayan punya peran penting dalam operasi gigi.
Pastiin kalo bagian ini bunyi sebelum kamu tutup mesinnya. Buat ngecek
jaraknya, gunakan dua alat pengukur dan peraba, taruh di bawah pencuci
shim tadi. Batas kekendoran yang wajar adalah sekitar 0.5mm atau 0.02
inci.
Oversizenya : Stock-2.05mm(0.081 inci),
oversize1 – 2.2mm (0.087 inci),
oversize2 – 2.35mm (0.093 inci),
oversize3 – 2.5mm (0.098 inci),
oversize4
– 2.65mm (0.104 inci). Setelah semuanya beres, lepas semua gigi,
pencuci dan penjepitnya. Rakit ulang kotak mesinnya, dan selesai,
Gimana Tutorial diatas,?? Cukup mudah bukan.? Bisa menghemat biaya anda untuk pergi kebengkel, sekian dulu Tutor dari
Infovespa
semoga bermanfaat buat temen temen scooteris yang membutuhkan. Jika ada
yang kurang dari tutorial diatas, mohon dikoreksi dikotak komentar
dibawah ini.
Sumber:
http://www.infovespa.com/tutorial-mengganti-cruciform/
Gan kalo misalnya urutan gigi jadi
BalasHapus1 2 0 3 4
itu gimana benerinnya ?
Dibagian mana yang salah ?
Kan biasanya juga
1 0 2 3 4
Vespa saya sering slip di pergigian 3 gan,kemudian waktu masukkan gigi terkadang sulit jg gan apa penyebabny gan tolong kasih infony
BalasHapus