Rabu, 16 Juli 2014

MENGGANTI GIIGI SILANG

Pernah naik motor ke gunung ataupun lagi touring, trus gigi kamu slip di tanjakan? Ini sering terjadi lantaran ada yang tidak beres sama komponen motor yang namanya Cruciform (spider). Cruciform itu bagian kecil dari motor yang bentuknya silang, terbuat dari logam campuran. Tugasnya nyocokin potongan yang tepat di tiap-tiap perpindahan gigi itu sendiri. Ini bagian yang gampang aus. Setelah nggak ada lagi penghalang diantara tiap-tiap gigi, bagian inilah yang kena batunya di hamper tiap gesekan gigi. Apalagi kalo gesekannya tidak pas. Untungnya, bagian ini gak bakalan menggores gigi baja itu sendiri kalo misalnya selip.
Tutorial Mengganti CruciformSayangnya, cruciform ada di bagian dalam mesin. Kalo mau diambil, kita harus membongkar mesinnya, dan disini Infovespa akan memberikan tutorialnya step by step. Sebelum kamu coba, periksa kotak selector gigi kamu, jangan sampai dia berpotensi buat ‘side play’. Kadang-kadang ‘side play’ ini bisa bikin gigi motor kamu tiba-tiba ‘lompat’. Ambil komponen-komponen kotak selector gigi dan coba bikin motor kamu ‘jump’. Kalo nggak bisa, berarti emang ada masalah. Kalo nggak, ganti cruciformnya dan coba periksa ‘shim’ gigi.
Peralatan :
  • Cruciform
  • Perangkat pelepas penjepit
  • Krayon merah
  • 2 buah alat pengukur dan peraba
  • Kunci tester listrik (yang biasa dipakai buat di stopkontak)
  • Lap
  • Sekaleng pembersih karburator
  • Sekaleng pelumas anti-seize
  • Stopkontak dalam 13mm dan 11mm
  • Kunci inggris putar (jangan coba tanpa alat ini)
  • Pengikis plastic Bondo (body filler)
  • Plastic gosok
  • Bearing grease (sejenis lem ban) merek Green Goop
Inilah Langkahnya step by step
 tutorial melepas cruciform
Periksa dulu ‘play’ gigi kamu. Gigi harus lumayan terpasang kencang kalo pas didorong. Lalu Lepas penahan disekeliling poros belakang menggunakan perangkat pelepas penjepit.
tutorial Cruciform
Lepas pencuci ‘shim’ dan gigi-gigi motor. Tandai gigi menggunakan krayon supaya kita tahu mana yang menghadap keatas pas nanti dipasang lagi. 
 mengganti Cruciform
Sekarang lepas tongkat selector, pembasuh selector dan cruciformnya. Tangkai ini menggunakan gulungan sebelah kiri, artinya semua yang ada disini adalah bagian paling belakang. Buat ngelonggarin putar searah jarum jam, buat ngencengin putar sebaliknya. 
 tutorial mengganti Cruciform Pada bagian ini kami mengeluarkan poros belakangnya dari mesin agar anda bisa meliat dengan jelas bagian ini. Step ini bisa anda lewati
tutorial lengkap Cruciform Ini dia tongkat selector. Ini sebenernya adalah gumpalan logam yang ada pembasuh di bagian belakangnya. Bagian ‘thread’nya yang nanti tersambung ke cruciform
 tutorial memperbaiki Cruciform
Putar cruciform pake tangan kamu sampe dia nyambung sama slot poros belakangnya. Sekarang kamu bisa dorong cruciformnya keluar lewat samping slotnya. Pasang cruciform baru ke dalam slot tadi. Sesuaikan cruciform sama bengkokan ‘kaki motor’nya, yang menghadap ke ban belakang
 hasil Cruciform
Gambar ini menunjukkan cacat akibat cruciform yang rusak kena gesekan gigi. Selalu pake cruciform Piaggio jika anda ingin menggantinya.
Pencuci ‘shim’ lumayan punya peran penting dalam operasi gigi. Pastiin kalo bagian ini bunyi sebelum kamu tutup mesinnya. Buat ngecek jaraknya, gunakan dua alat pengukur dan peraba, taruh di bawah pencuci shim tadi. Batas kekendoran yang wajar adalah sekitar 0.5mm atau 0.02 inci. Oversizenya : Stock-2.05mm(0.081 inci), oversize1 – 2.2mm (0.087 inci), oversize2 – 2.35mm (0.093 inci), oversize3 – 2.5mm (0.098 inci), oversize4 – 2.65mm (0.104 inci). Setelah semuanya beres, lepas semua gigi, pencuci dan penjepitnya. Rakit ulang kotak mesinnya, dan selesai,
Gimana Tutorial diatas,?? Cukup mudah bukan.? Bisa menghemat biaya anda untuk pergi kebengkel, sekian dulu Tutor dari Infovespa semoga bermanfaat buat temen temen scooteris yang membutuhkan. Jika ada yang kurang dari tutorial diatas, mohon dikoreksi dikotak komentar dibawah ini.

Sumber:
http://www.infovespa.com/tutorial-mengganti-cruciform/

2 komentar:

  1. Gan kalo misalnya urutan gigi jadi
    1 2 0 3 4
    itu gimana benerinnya ?
    Dibagian mana yang salah ?
    Kan biasanya juga
    1 0 2 3 4

    BalasHapus
  2. Vespa saya sering slip di pergigian 3 gan,kemudian waktu masukkan gigi terkadang sulit jg gan apa penyebabny gan tolong kasih infony

    BalasHapus