Seperti yang kita ketahui semua, Karburator merupakan bagian dari
mesin yang mempunyai tugas pengabutan, atau pemasukan bahan bakar ke
dalam silinder dimana fungsi utamanya adalah untuk mencampur bahan bakar
dan udara. Nah dalam postingan kali ini,
Infovespa akan memberikan turoial kepada teman teman, bagaimana Mengganti Karburator Vespa, khususnya untuk
Vespa Seri P.
Karburator di vespa memang seharusnya dijaga agar tetep bersih dan
tertutup. Di tutorial ini, kami menggunakan Si24/24E sebagai contoh,
dimana nantinya semuanya akan diganti (termasuk perangkat meteran
olinya). Kalau vespa anda jalannya bagus dan lancar, mungkin
karburatornya berbentuk tiptop. Beberapa sumber bilang kalo gejala-gejaa
karburator yang perlu diganti antara lain :
- Ada gas aneh yang bocor (atau sejenisnya, yang keluar dari rubber kecil di dasar kotak karburator)
- Kecepatan yang mulai jelek atau bogging yang serius diatas jangkauan gigi 3 atau 4
- Boros asap
- Tiba-tiba muncul api seperti terbakar
- Susah distarter waktu mesin panas dan mesin mulai tidak mau jalan.
Sebelum coba tutorial ini, periksa spark plug kamu dan pastikan timah
HT anda normal. Setelah anda siap untuk mengganti karburator, Lanjut ke
step peralatan. Kami sarankan sebaiknya anda beli aja semuanya,
alat-alat ini tergolong murah.
Alat Alat
- Perangkat gasket karburator, gasket dasar karburator, saringan bensin, larung dan Needle (cari di dealer suku cadang)
- Mungkin kamu butuh segel rubber kotak karburator (liat langkah dibawah)
- Bensin dari oli serbaguna
- Pembersih karburator
- Tongkat socket dalam 11mm
- 10mm kunci Inggris putar
- Obeng pipih
- Sekaleng semprotan udara
- Pel katun
- Handuk tanpa bulu
- Penjepit kertas
- WD-40
- Setabung kecil pengunci cincin anaerob
- Sarung tangan karet
Yup, mari kita simak tutorialnya step by step
Gambar |
Tutorial |
|
Hidupkan vespa sampe mesinnya mati. Mulai
lepas sekrupnya, supaya tutup karburator kebuka. Saat anda memasang
ulang sekrupnya, pasang secara perlahan agar skrup tidak bengkok. Waktu
kamu buka tutupnya, hati hati, ada segel rubber dibawah tutupnya.
Periksa segel, mungkin saja rusak, kalo rusak ganti yang baru. |
|
Lepas sekrup dua arah dan tarik penyaring
udaranya, hal ini agar anda bisa membersihkan di body karburator.
Penyaring udara tidak boleh sampe kotor, halini penting buat nyaring
udara setiap kamu periksa karburator. |
|
Di step ini, kita akan melepas body
karburator. Kamu harus ngeepas kabel yang tertekan (tarik penghisap dan
copot pengait kabel). Lepas sekrup yang menahan jalan gas ke bodi
karburator (kosongkan dulu jalan gasnya). Longgarin dua buah sekrup
lengan 11mm buat ngelonggarin karburator dari kotaknya. |
|
Setelah anda mengendorkan sekrupnya, tarik
bodi karburator keatas keluar dari kotak. Sekarang kamu bisa liat
crankshaftnya.Taroh handuk tanpa bulu diatas mulut portal ventilasi
(handuk harus bersih), jangan jatuhin sekrup ke crankshaft. Gasket yang
ada diluar mulut portal itulah gasket dasar karburator. |
|
Bersihkan penyaring udara, semprot
menggunakan penyemprot udara. Usahakan gunakan sarung tangan karet waktu
nyemprot. Semprot bagian dalam penyaring udara sampai cairan semprotan
bening. Tergantung kotornya, mungkin akan makan waktu beberapa lama.
Setelah bersih, keringkan menggunakan handuk. Kalau ada lobang di
ram-raman kawatnya, ganti penyaringnya. |
|
Sekarang keluarkan bodi karburator dan
copot bungkus penyaring bensinnya. Periksa penyaring bensin, congkel
menggunaan obeng. Ganti gasket saat anda ngerakit ulang karburator,
jangan sekarang. |
|
Kalo ada lapisan kasar dibawah penyaring
bensin, bersihkan menggunakan pembersih karburator dan lap. lepas sekrup
yang menahan tutup LARUNG bersama an dan tarik rakitan
LARUNG-secepatnya ambil handuk buat nyerap gas yang keluar. |
|
Setelah LARUNG keluar dari bodi karburator,
kamu harus dorong penjepit pivotnya keluar dari jarum LARUNG. Pindahkan
jepit menggunakan penjepit kertas dan semuanya akan terlepas. Bersihkan
mangkok LARUNG menggunakan pembersih karburator dan periksa barangkali
ada retakan di dinding mangkok. Kalo ada, pake gasket cairan aerob untuk
sementara. |
|
Periksa LARUNG mungkin saja sudah rusak.
Kalo ada gas didalamnya, ganti. LARUNG, dengan sayarat harus mempunya
tepian yang pas, kalau dudukan jarumnya rusak, ganti LARUNGnya. Jarum
harus punya ujung kecil, kalo ada CRUD di bagian atasnya, ganti. |
|
Gambar disamping namanya running jet slow.
Periksa kalau ada kotoran, pakai pembersih karburator dan seemprotan
udara buat membersihkan. Jangan gunakan benda logam buat bersihin jet.
Cocokin ulang jetnya sampai pas dan jangan terlalu kencang. |
|
Gambar dsamping adalah jet utama. Ada tiga
bagian terpisah, pisahkan jika anda kesusahan membersihikanya.. Periksa
kalau ada kotoran, pakai pembersih karburator dan seemprotan udara buat
bersihin. Jangan pake benda logam buat bersihin jet. Cocokin ulang
jetnya sampai pas dan jangan terlalu kenceng. |
|
Gambar siamping adalah starter jet..
Periksa kalau ada kotoran, pakai pembersih karburator dan seemprotan
udara buat bersihin. Jangan menggunakan benda logam uyntuk membersihkan
jet. Cocokin ulang jetnya sampai pas dan jangan terlalu kenceng. |
|
Keluarkan sekrup dua arah dari slide. Ada
shockbreaker, pegangsaat anda melepas pembungkusnya. Tarik slide, slide
berwarnna abu-abu gelap tanpa celah. Kalau slide ada celah, ganti. Slide
harus bergulir dari ujung ke ujung di leher karburator. Semprot WD-40
disepanjang kayu slide |
|
Untuk mengeluarkan segel tongkat katup
karbu, tarik tongkat katup lewat lobang di pembungkus slide. Bungkus
dari vinil hitam ini nantinya akan jatuh. Kalo tidak bisa, ganti. |
|
Disini ada sekrup yang fungsinya untuk
menahan portal pentil dalam rakitan. Copot sekrup dan tarik pentilnya.
Kalo ada kotoran diatas segel hitam diujung portal, bersihkan
menggunakan WD-40 |
|
Sampai step ini, anda telah selesai. Anda
bisa lanjut langkah berikutnya kalo mesin vespa anda kekuranngan oli,
kalo perangkat olimu beres, jangan pasang lagi semuanya bersamaan. Pertama,
copot dan pasang tempat oli mengalir menggunakan sekrup. Untuk melepas
bodi pompa oli, pake tiga sekrup dan kendorkan plumbing-nya. |
|
Kalo ada SEIZE soft (lihat gambar
disamping) di vespa injeksi, mungkin anda harus melepas kotak karburator
secara total dan memriksa saluran oli dibawah kotak. Kotak bisa dibuka
menggunakan obeng datar dibawah karburator kearah base gasket. Hati
hati, Jangan jatuhkan sekrup ke crankshaft. |
|
Kabel-kabel dan pipanya mungkin agak susah
pas mau melepasnya dari kotak karburator. Kamu harus mengetok/memukul
dari luar saat anda sedeang memperbaiki mesinnya-liat gambar.Pastikan
tidak ada bagian yang menonjol kedalem saluran oli. Kalo kotor, gosok
hati-hati pake pembersih karburator. Kalo gasketnya jelek/rusak, ganti. |
Setelah Proses membersihkan karburator selesai, ganti semua yang perlu diganti dengan
sparepart Vespa
yang baru. Oleskan sukucadang menggunakan WD-40 dan pasang kembali
semuanya bersamaan dengan mengikuti tutorial diatas dari akhir ke awal.
Langkah kecilnya antara lain
: kencengkan sekrup di perangkat meteran, sekrup lengan di bodi
karburator dan sekrup diatas kotak mesin secepatnya. Kalo nggak
karburator atau pompa olinya bisa bengkok. Sekrup lengan punya
spesifikasi putaran kalo kamu punya kunci inggris putar. Kalo tidak ada,
kencangkan sampe pas ke cincin pengunci. Sekrup yang menahan jalan gas
ke bodi karburator harus punya cincin penahan di sekrup utamanya buat
pemasangan ulang. Ini buat terjadinya bocor pada mesin Vespa teman teman
Sumber:
http://www.infovespa.com/mengganti-karburator-vespa-seri-p/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar