Hal pertama yang harus kamu lakuin sebelumnya adalah punya alat yang tepat. Kamu bisa pake spanner dan soket biasa, tapi coba kamu ikuti ini :
- Perangkat pelepas flywheel Vespa kecil
- Perangkat pelepas kopling Vespa kecil
- Tang penjepit luar
- Tang penjepit dalam
- Spidol permanen
- Tas plastik
- Bensin atau spirtus putih
- Dua stroke oli
- Oli gigi
- Pulpen dan kertas buat nyatet, nggambar, dll
- Kontainer buat nampung bensin dari tangki, dan oli gigi bekas
- Bagus kalo kammu punya kompresor pegas kopling vespa, tapi kalo Cuma sekrup panjang dan cincin penahan yang pas juga gapapa
Buat melepas tangki, blok pipa bensinnya pake sebuah sekrup atau tutup., soalnya andar harus muter tutup bensin ke posisi on buat naikin tangki, kemudian naikin pelan2 tangki dan keringin bensin ke kontainermu, kami menggunakan ganjel botol kola 2 liter.
Sekarang kamu harus melepas karburator. Pisahkan kabel kopling dari tuasnya dengan menaikkan kaitan dan memisahkan kabel klep dari karburator dengan melepas penjepit kabel brass kecil dan luncurin kabel melewati adjuster kabel. Penjepit klep ini kecil dan gampang ilang jadi pasanglah lagi ke kabel atau taroh di plastik lain. Karburator ditahan oleh cincin dengan sekrup gede disatu sisinya. Ada slot obeng diatas dan batangnya berbentuk segienam. Pake obeng atau spanner buat ngendorin cincin (kamu mungkin butuh spanner buat ngendorin dia dulu, tapi ga bakal ada banyak jarak jadi pake celah obeng setelah dia kendor). Sekarang dorong dia dan karburator di manifold. Karburator adalah bagian penting jadi hati-hatilah. Ada peredam dengungan dari karet yang bisa dilihat dari manifold, yang harus didorong keluar lobang jadi dia bakal lepas saat kamu lepas mesinnya. Setelah selesai, jarak dibawah jok bakal keliatan kayak gini-lumayan luas.
Selanjutnya
knalpot. Dengan knalpot tipe standar mereka ga bakal terlalu pengaruh
jadi gapapa kalo ga mau kamu lepas. Tapi kalo knalpot tipe ET3/SS50/SS90,
atau knalpot rakitan lain, disarankan untuk dilepas soalnya expansion
chambernya bakal menghalangi langkah selanjutnya. Untungnya perancang
pipa2 ini sadar dan ruangan ekspansi ini bisa dilepas dari pipa
manifold. Lepas sekrup 17mm yang nahan silencer ke swingarm. Tergantung
tipe knalpotmu, silencer bakal meluncur pas kamu Cuma ngelonggarin
sekrupnya atau sekrup harus dilepas dulu baru silencernya bisa lepas.
Mungkin belakangan menurutmu bakal lebih enak kalo kamu kempesin ban
belakang. Antara ngelepas dan ngejaga sekrup 17mm biar aman atau masang
ulang sekrupnya ke swingarm.Setelah step diatas, bagian selanjutnya akan lebih mudah, anda bisa melepas ban belakang yang memudahkan kamu buat ngutakatik bagian lain, misalkabel rem, dan kasih akses mesin buat berhenti di belakang.
Dibawah ini gambar gambar sebagai acuan atau panduan anda dalam membongkar Mesin Vespa



Yup, itulah ulasan singkat bagaimana melepas Mesin Vespa dari Framenya, semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang ingin membongkar mesin Vespanya
Sumber:
http://www.infovespa.com/melepas-mesin-vespa-dari-frame/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar