Rabu, 16 Juli 2014

MELEPAS SILINDER / BORING VESPA

Yap Scooteris, ini adalah Tutorial Lanjutan dari Melepas Mesin Vespa dari Frame, Sebelum anda baca lebih jauh sebaiknya anda bersihin dulu mesin anda sebelum anda mulai mretelin mesin, buat ngecilin resiko serpihan-serpihan masuk ke kotak crank atau kotak gigi dan ngerusak semuanya. Mesin vespa bakal keliatan jorok dengan kotoran berlemak, debu, oli, bensin, dead postmed, sarang burung dll.Ambil sikat kawat dan gosok sampe bersih.Kotak bias dibersihin lagi pake bensin, spiritus putih, atau pembersih lain yang ada. Manasin pembersih bakal geserin semua benda, tapi nggak semua merk bakal ngerusak dan ngelunturin kotak mesin alumuniumnya.
Setelah anda siap, mulai buka tutup mesin anda. Copot kain silinder. Ada sekrup berkepala hexagonal dibelakangnya, sebuah kepala sekrup Phillips di tutup flywheel, sebuat slot sekrup didalam mesin didekatnya. Ada juga sekrup disisi tangkapan yang sering ilang.
Anda juga boleh copot tutup flywheel diwaktu bersamaan. Sebelum anda nyopot silinder anda harus copot pipa knalpot dari belakang silinder. Pintu masuk pipa bentuknya kotak jadi anda bias lepas silinder sekaligus nyopot dia, tapi mungkin sebaiknya anda lepas sekarang dan bersihin. Pintu masuk pipa punya lengan logam dibawah gemuruh gas rubbernya, fungsinya buat bikin dia fleksibel. Lengan ini ditahan pake penahan, yang harus anda pisah buat lepasin lengannya. Dibawahnya ada cincin felt. Cincin ini membungkus sambungan, bersihin dan rendam didalam dua stroke oli sebelum dirakit ulang.
Silinder mesin 125cc ditahan sama baut panjang yang terpasang dari silinder kekepalanya.. lepas baut ini dan silinder bakal ikut lepas.
tutorial melepas silinder vespa, melepas silinder vespa, cara melepas silinder vespa, silinder vespa
Anda bisa melepas silinder dan pakunya ke atas pelan-pelan buat ngelepasin. Di mesin 50,90, sampai 100cc kepala mesin ditahan dengan tiang terpisah yang terpasang ke silinder, dan tiang silinder ga bakal selesai dipasang dibawah silinder kalo anda pakepemutar oen-ended regular. Hati2 jangan sampe piston rusak waktu anda melepas silinder.
tutorial melepas silinder vespa, melepas silinder vespa, cara melepas silinder vespa, silinder vespa
Buat lepas piston, anda butuh tang penjepit internal buat ngelepas penjepit yang nahan wristpin di piston. Sebenernya anda bisa dengan hanya menggunakan gunting kuku, tapi catutannya bakal rusak dan penjepit bisa mental waktu lepas (ini beresiko barangkali kena mata anda).Lebih baik anda pake alat yang tepat dan harganya sebetulnya murah (misalnya kalau anda beli di machine mart). Anda harus ganti penjepit sama yang baru. Kalo anda rakit, ada cincin kawat gede buat nahan cincin wristpin. Jangan pake ulang penjepit asli di mesin rakitan anda.
Anda Cuma harus ngelepas penjepit disatusisinya,  pake obeng datar buat ngedorong wristpin keluar dari piston. Dorong dari sisi lain (pakai celah diantara dua ujung penahan yang tersisa. Anda mungkin harus ngetok obengnya pake sesuatu, cara lain adalah pake sedikit tenaga. Wristpin bekerja di rakitan bearing needle yang terbungkus, yang mana salah satunya bakal tinggal di ujung crank, bertahan di wristpin, atau jatuh ke crankcase-siap-siap buat nangkep. Bearings harus tetap ada di rakitan. Kalo langkah ini nggak jadi, ganti wristpin sama yang baru selagi anda ngerakit ulang mesinnya.

Sumber:
http://www.infovespa.com/melepas-silinder/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar