Yap Scooteris, ini adalah Tutorial Lanjutan dari Melepas Mesin Vespa dari Frame,
Sebelum anda baca lebih jauh sebaiknya anda bersihin dulu mesin anda
sebelum anda mulai mretelin mesin, buat ngecilin resiko
serpihan-serpihan masuk ke kotak crank atau kotak gigi dan ngerusak
semuanya. Mesin vespa bakal keliatan jorok dengan kotoran berlemak,
debu, oli, bensin, dead postmed, sarang burung dll.Ambil sikat kawat dan
gosok sampe bersih.Kotak bias dibersihin lagi pake bensin, spiritus
putih, atau pembersih lain yang ada. Manasin pembersih bakal geserin
semua benda, tapi nggak semua merk bakal ngerusak dan ngelunturin kotak
mesin alumuniumnya.
Setelah anda siap, mulai buka tutup mesin anda. Copot kain silinder.
Ada sekrup berkepala hexagonal dibelakangnya, sebuah kepala sekrup
Phillips di tutup flywheel, sebuat slot sekrup didalam mesin didekatnya.
Ada juga sekrup disisi tangkapan yang sering ilang.
Anda juga boleh copot tutup flywheel diwaktu bersamaan. Sebelum anda
nyopot silinder anda harus copot pipa knalpot dari belakang silinder.
Pintu masuk pipa bentuknya kotak jadi anda bias lepas silinder sekaligus
nyopot dia, tapi mungkin sebaiknya anda lepas sekarang dan bersihin.
Pintu masuk pipa punya lengan logam dibawah gemuruh gas rubbernya,
fungsinya buat bikin dia fleksibel. Lengan ini ditahan pake penahan,
yang harus anda pisah buat lepasin lengannya. Dibawahnya ada cincin
felt. Cincin ini membungkus sambungan, bersihin dan rendam didalam dua
stroke oli sebelum dirakit ulang.
Silinder mesin 125cc ditahan sama baut panjang yang terpasang dari
silinder kekepalanya.. lepas baut ini dan silinder bakal ikut lepas.
Anda
bisa melepas silinder dan pakunya ke atas pelan-pelan buat ngelepasin.
Di mesin 50,90, sampai 100cc kepala mesin ditahan dengan tiang terpisah
yang terpasang ke silinder, dan tiang silinder ga bakal selesai dipasang
dibawah silinder kalo anda pakepemutar oen-ended regular. Hati2 jangan
sampe piston rusak waktu anda melepas silinder.
Buat
lepas piston, anda butuh tang penjepit internal buat ngelepas penjepit
yang nahan wristpin di piston. Sebenernya anda bisa dengan hanya
menggunakan gunting kuku, tapi catutannya bakal rusak dan penjepit bisa
mental waktu lepas (ini beresiko barangkali kena mata anda).Lebih baik
anda pake alat yang tepat dan harganya sebetulnya murah (misalnya kalau
anda beli di machine mart). Anda harus ganti penjepit sama yang baru.
Kalo anda rakit, ada cincin kawat gede buat nahan cincin wristpin.
Jangan pake ulang penjepit asli di mesin rakitan anda.
Anda Cuma harus ngelepas penjepit disatusisinya, pake obeng datar
buat ngedorong wristpin keluar dari piston. Dorong dari sisi lain (pakai
celah diantara dua ujung penahan yang tersisa. Anda mungkin harus
ngetok obengnya pake sesuatu, cara lain adalah pake sedikit tenaga.
Wristpin bekerja di rakitan bearing needle yang terbungkus, yang mana
salah satunya bakal tinggal di ujung crank, bertahan di wristpin, atau
jatuh ke crankcase-siap-siap buat nangkep. Bearings harus tetap ada di
rakitan. Kalo langkah ini nggak jadi, ganti wristpin sama yang baru
selagi anda ngerakit ulang mesinnya.
Sumber:
http://www.infovespa.com/melepas-silinder/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar