Rabu, 16 Juli 2014

MENGGANTI KUNCI STANG VESPA 50 - 60

Satu hal yang sepertinya sering rusak pada vespa antik, atau vespa yang didiamkan untuk beberapa lama adalah pada bagian kunci stang. Pada postingan ini,  akan share bagaimana cara untuk mengganti kunci Stang pada sebagian besar vespa keluaran tahun 50-60an yang memiliki rangka atau body besar. untuk melepas Kunci Stang atau Steering Locks, seluruh rakitan fork (bagian yang menyangga roda) akan dibongkar, agar prosessnya berjalanan dengan lancar.
tutorial membongkar vespa,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Alat alat yang perlu teman teman siapkan :
  • Pipa socket 14mm dan drivernya
  • Pipa socket 15mm dan drivernya
  • Pipa socket 11 mm atau kunci Inggris (rem depan)
  • Seperangkat penanggal headset cincin penahan (atau obeng berujung pipih dan palu kayu)
  • Obeng berujung pipih dan palu kayu
  • Tang vice-grip
  • Isolasi elektris/pita listrik (atau beberapa jenis isolasi)
  • Sesuatu untuk mengganjal bagian bawah vespa untuk menaikkan ban depan 18 derajat dari permukaan tanah
tutorial melepas kunci kemudi vespa,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Pertama, letakkan sesuatu dibawah vespa agar vespa terangkat (Lihat Gambar diatas) disini menggunakan sebuah koper perkakas tua dan benda lain (pot bunga) dibawah roda belakang. Hal ini dilakukan supaya ban depan terangkat 18 derajat dari tanah untuk memudahkan anda melepas fork vespa
tutorial melepas kunci kemudi vespa_1,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Kabel rem depan harus dilepas seluruhnya dari poros depan vespa. Gunakan kunci Inggris 11 mm atau pipa socket untuk melonggarkan pinch bolt (semacam baut besar) dari kabel baja yang didalam. Setelah dilonggarkan, tarik kabel keluar dari poros sekrup yang terpasang, sehingga kabel menggantung dari tempat dimana kabel naik dari pipa fork. Kabel speedometer vespa saya lepas ketika langkah ini dilakukan, maka dari itu tidak dapat saya tunjukkan. Kabel itu mungkin tertinggal di dalam dan dapat diatasi dengan menarik ujung atasnya.
tutorial melepas kunci kemudi vespa_2,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Vespa-vespa yang lebih tua memiliki pinch bolt tunggal yang menghubungkan headset ke bagian atas tabung fork. Kedua sisi ini akan berputar jika Anda hanya melonggarkan salah satu sisinya. Sisi baut kurang lebih sama dengan ukuran sekrup 15mm dan sisi lainnya seukuran sekrup 14 mm. Gunakan dua obeng socket untuk menahan salah satu sisinya dan melonggarkan sisi lainnya. Baut dapat dilepas seluruhnya. Lepas sekrup pada bagian atas velg (pelek) dengan melepas dua sekrup yang menahannya, lalu ayunkan dari bagian tersebut seperti Anda mengayunkan engsel pintu. Ada paku kecil diatasnya yang harus dilepaskan dari tempat penuangan. Di dalamnya Anda akan menemukan seluruh kawat dan kabel kontrol. Lepaskan kabel speedometer dari speedometer dengan melepas sekrupnya menggunakan jari.
tutorial melepas kunci kemudi vespa_3,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Untuk menarik headset, letakkan lutut anda di salah satu sisi ban depan dan mulailah menggulung headset dari kiri ke kanan sleama vespa terangkat. Kabel-kabel kontrol akan membantu anda mengendurkannya. Jika kabel rem depan terlihat akan tersenggol, alihkan ke dasar tabung fork di dekat poros depan.
Headset harus cukup longgar di dalam kabel kontrol dan perangkat-perangkat elektris lainnya untuk dapat terlepas dari tabung fork. Rem depan sekarang dapat dilepas dari fork seperti sebuah rangkaian dengan menariknya keatas dan keluar fork. Cincin penahan stang dan pencuci dapat dilihat dari atas tabung fork. Ini harus dilepas agar fork dapat ditanggalkan.
tutorial melepas kunci kemudi vespa_4,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Untuk langkah selanjutnya kami mengingatkan anda bahwa langkah tadi bisa saja salah dan berakibat fatal. Kalau Anda tidak memiliki alat pelepas cincin penahannya, langkah selanjutnya yang paling baik adalah melonggarkan cincin penahan dengan obeng datar/minus dan palu kayu. Masukkan ujung obeng datar ke salah satu dari 4 slot di cincin penahan dan ketuk dengan palu untuk mencoba memutar cincin berlawanan arah jarum jam. Ini akan berhasil jika anda berhati-hati, jika tidak obeng akan tergelincir dan menggores cat vespa.
tutorial melepas kunci kemudi vespa_5,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Jika semua langkah diatas belum berhasil, cobalah menggunakan tang vice-grip. Pastikan anda hanya memegang bagian atas cincin penahan secara hati-hati, dan perlahan gulunglah searah jarum jam. Lihat Gambar dibawah
tutorial melepas kunci kemudi vespa_6,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
tutorial melepas kunci kemudi vespa_7,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Setelah anda melepas cincin penahan, ada satu cincin datar kecil dengan slot yang meluncur ke dalam celah di dalam tabung headset. Ini membuatnya tidak dapat berputar dengan cincin penahan di atasnya. Jika pada step ini sulit, anda dapat mengetukkan obeng diantara cincin penahan bawah dan pembasuh datar
tutorial melepas kunci kemudi vespa_8,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Sebelum melepas cincin penahan bawah paling akhir anda mungkin ingin mengisikan sesuatu kedalam lubang di kabel kontrol, dan menopang ban depan vespa. Vespa yang lebih tua memiliki pelor yang terbuka di kedua ujung tabung fork-nya, dimana vespa bisa dikendarai di berbagai medan. Biasanya ada pelumas  yang dioleskan di permukaan bantalan poros untuk menahannya. Disini kami menyarankan menggunakan bantalan poros P200 ketika saya meletakkan keduanya bersamaan. P200 memiliki pembungkus disekitar diameternya yang menahan bola di bantalan poros agar tidak bergeser, tetapi permukaan paling luarnya tetap dapat berputar melawan bantalan poros. Untuk melonggarkan cincin penahan yang bawah, gunakan teknik yang sama dengan teknik yang digunakan untuk melepas cincin penahan atas. Fork akan segera lepas ketika anda melakukannya.
tutorial melepas kunci kemudi vespa antik,tutorial mesin vespa, bongkar vespa, tutorial membongkar vespa, melepas kunci kemudi vespa, vespa tahun 50-60an, tutorial bergambar
Sekarang ketika forks telah lepas, masalah yang sama akibat melonggarkan bentalan poros masih tersisa di dasar permukaannya.  Sekitar 21 atau 22 bola banntalan poroso di dasar tabung fork. Tergantung pada cara anda, ini dapat terjadi di rakitan yang tertutup. Ini terjadi di kedua bagian poros yang mana setengahnya tertekan keluar tabung fork dibawah lapisan debu, dan sebuah bentuk part yang naik di dasar tabung fork.
Setelah fork berhasil dilepas, membuka kunci stang akan  sangat mudah. Lubang kunci naik dari dalam tabung fork, dengan cincin penahan yang terpasang di luar. Cincin penahan kadang-kadang sulit untuk dilepas, tapi untuk memudahkannya bisa melepasnya dengan cara membungkusnya dengan isolasi elektris untuk melindungi ujungnya, dan menjepitnya dengan tang vice-grips, cara ini cukup berhasil dan mudah.

Sumber

http://www.infovespa.com/melepas-kunci-kemudi-vespa-tahun-50-60an/

2 komentar: